Home / Artikel / Alat Uji Non Destructive Testing

Alat Uji Non Destructive Testing

Alat Uji Non Destructive TestingAlat Uji Non Destructive Testing (NDT) merupakan Teknik Pengujian Material Tanpa Merusak Benda . Secara garis besar, terdapat dua jenis pengujian material yaitu pengujian merusak (Destructive Test) dan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test). Pengujian ini dibedakan atas bagaimana kondisi terakhir dari material setelah pengujian.

Pengujian merusak (Destructive Test) biasanya digunakan untuk mengukur sifat mekanik suatu material, seperti: kekuatan, kekerasan, fatigue dan sebagainya. Sedangkan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test) lebih condong untuk mengetahui ada tidaknya cacat, struktur mikro dan estimasi sifat mekanik pada material. Kali ini kita akan membahas lebih dalam terkait Alat Uji Non Destructive Testing (NDT).

Non destructive test merupakan metode pengujian untuk memeriksa ada atau tidaknya cacat pada sebuah benda kerja. Oleh karena itu, pengujian tersebut tidak boleh meimbulkan kerusakan. Baca Juga : alat ukur keretakan logam

Tujuan dilakukannya NDT adalah untuk meyakinkan atau menjamin bahwa suatu benda dapat bekerja dengan sempurna sesuai dengan rancangan.

Alat Uji Non Destructive Testing

Ada banyak cara pemeriksaan NDT, yang setiap metoda pengujiannya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jenis metode pengujian yang sering dilakukan, yaitu:

  1. Visual Test
  2. Liqiud Penetrant Test
  3. Magnetic Particle Test
  4. Ultrasonic Test
  5. Radiographic Test

Dilansir dari insinyoer.com dalam industry material Non Destructive Test (NDT) dapat diaplikasikan untuk berbagai hal antara lain:

  • Sebagai kontrol kualitas dari unit-unit pra-cor atau konstruksi in site
  • Menghilangkan keraguan tentang penerimaan material dari supplier terkait spesifikasi yang telah disepakati
  • Menghilangkan keraguan terkait proses pembuatan yang meliputi batching, mixing, placing, compacting maupun curing.
  • Menentukan lokasi dari crack, void, honeycombing maupun cacat yang lain
  • Menentukan posisi, kuantitas atau kondisi dari reinforcement
  • Memprediksi perubahan jangka panjang dari karakteristik material
  • Menyediakan informasi untuk berbagai pengusulan perubahan dari penggunaan sebuah struktur untuk asuransi atau untuk penggantian kepemilikan.

Dapat disimpulkan bahwa Alat Uji Non Destructive Testing (NDT) dapat digunakan untuk memastikan kualitas dari berbagai tahap mulai dari bahan mentah (raw material), fabrikasi, pra-penggunaan dan saat digunakan.

Informasi dan pemesanan produk Alat Uji Non Destructive Testing, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.

About admin

Hidup Hanya 2 Kali, Di Dunia dan Di Akhirat. Lakukan Apa Yang Ingin Kamu Lakukan Dan Jangan Lakukan Apa Yang Tidak Ingin Kamu Lakukan.Jika Kamu Menjadi Dia Maka Siapa Yang Menjadi Kamu ??
free webpage hit counter