Home / Artikel / Begini Cara Meneteralkan pH Air pada Kolam Ikan Hias

Begini Cara Meneteralkan pH Air pada Kolam Ikan Hias

pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Dengan mengetahui ph pada air ini diharapkan kita dapat membuat kondisi lingkungan perairan sesuai dengan keadaan organisme budidaya ikan, sehingga ikan dapat hidup sehat dan tidak mengalami stres.

Cara Meneteralkan pH Air pada Kolam Ikan Hias

Cara Meneteralkan pH Air pada Kolam Ikan Hias
Air yanng memiliki ph terlalu tinggi maupun terlalu rendah ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan kematian pada ikan budidaya dikarenakan kondisi lingkungan yang ekstrim dan menyebabkan ikan-ikan stress.

Berapakah kondisi ph air yang baik untuk budidaya ikan ?

ph air yang baik untuk Budidaya ikan yaitu 5.5-9.0 diluar parameter itu ikan tetap bisa bertahan hidup namun produksi yang dihasilkan rendah. Untuk beberapa jenis ikan ada yang kuat terhadap ph air yang tinggi dan ada juga yang tidak dapat bertahan lama pada kondisi ph yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Lalu bagaimana cara mengetahui ph air ?

cara mengetahui ph air ada 2 yaitu :

  • Menggunakan Kertas Lakmus, bisa anda dapatkan di toko pertanian maupun toko kimia
  • Menggunakan alat ph meter

Untuk pengujian sederhana maupun hanya untuk uji coba kecil-kecilan anda bisa memakai Kertas Lakmus yang bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Namun untuk pengujian ph air yang digunakan setiap waktu dan ingin pengujian maupun pengukuran kadar air dapat dilakukan dengan mudah praktis dan akurat saya sarankan menggunakan ph meter baik yang digital merupakan analog. Alat ph meter ini bisa digunakan berkali kali jadi anda bisa melakukan pengujian di air kolam yang lainnya.

Cara Meneteralkan pH Air pada Kolam Ikan Hias

Cara menetralkan ph air ini saya sarankan dipakai apabila air hujan masuk ke kolam dalam jumlah banyak hal ini dikarenakan pH air hujan dibawah netral (kandungan keasaman tinggi).

Penetral pH air sederhana ini terbuat dari kombinasi potongan pelepah atau pohon Pisang, arang dengan kerikil yang dimasukkan ke dalam botol paket air minum ukuran 1 liter dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pada tubuh botol paket air minum kita buat sebagian lubang untuk tempat keluarnya air. Penetral pH ini dapat dipasang di ujung buangan penyaring air buatan.

alat_penetral_ph_air

Adapun fungsi dari bahan-bahan yang digunakan dalam menetralkan ph air pada kolam hias

  • Batu kerikil berguna untuk aerasi
  • Pelepah atau batang pisang menambah pH air hujan yang rendah (turunkan kandungan keasaman air). pH rendah = kandungan keasaman tinggi
  • Arang bisa menyerap kandungan amoniak dalam air kolam
  • Pergantian isi dari penetral air buatan ini sebaiknya dilakukan sekali pada saat musim hujan dan 3 kali pada musim kemarau. (berbagai sumber)

Nah itulah cara menetralkan ph air yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah pada kolam ikan, khususnya ikan hias , karena ikan hias inilah yang rentan stress terhadap kondisi ph air yang tidak stabil.

About admin

Hidup Hanya 2 Kali, Di Dunia dan Di Akhirat. Lakukan Apa Yang Ingin Kamu Lakukan Dan Jangan Lakukan Apa Yang Tidak Ingin Kamu Lakukan.Jika Kamu Menjadi Dia Maka Siapa Yang Menjadi Kamu ??
free webpage hit counter