Home / Artikel / Cara Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra – Dengan semakin maraknya budidaya ikan baik ikan konsumsi maupun ikan hias maka kebutuhan pakan ikan yang berkualitas semakin dibutuhkan terutama bagi ikan hias. Salah satu pakan alami yang baik untuk ikan adalah cacing sutra.

Cara Budidaya Cacing Sutra

Namun usaha budidaya cacing sutra pada awalnya kurang diminati, akan tetapi seiring dengan semakin banyaknya budidaya ikan hias maka kebutuhan akan cacing sutra juga semakin meningkat. Oleh karena itu budidaya cacing sutra juga menjadi salah satu pilihan bagi para peternak.

Sebenarnya budidaya cacing juga tidak terlalu sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara budidaya cacing sutra yang harus Anda perhatikan :

1. Persiapan Bibit Cacing Sutra

Bibit cacing sutra sendiri dapat Anda beli di toko pertanian, bila tidak ada maka Anda dapat mencarinya sendiri di sawah maupun sungai. Akan tetapi membeli di toko tentunya akan jauh lebih praktis dibandingkan mencarinya sendiri. Setelah bibit cacing sutra Anda dapatkan maka selanjutnya Anda perlu mengkarantinanya lebih dahulu selama 2 – 3 hari menggunakan air yang mengalir untuk menghilang segala jenis bakteri yang mungkin dibawa oleh bibit tersebut.

2. Media Budidaya Cacing Sutra

Media hidup cacing sutra sendiri cukup mudah karena hanya memerlukan kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter persegi dengan saluran air masuk dan keluar yang lancar. Setelah itu petak – petakan media tersebut dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan berilah lubang dengan jari – jari anda sekitar 0,5 cm diantara petak tersebut.

3. Pemupukan Lahan dan Perhatikan air yang digunakan

Setelah media siap maka selanjutnya Anda dapat melakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang atau ampas tahu, hal ini bertujuan agar cacing dapat hidup dan berkembang dengan baik. Selain pemupukan, perhatikan air yang digunakan dalam budidaya, pastikan air mempunyai parameter :

    • Memiliki pH sekitar 5,5 – 8,0 pH, ukur menggunakan pH meter
    • Pastikan suhunya sekitar 25 – 28 Celcius
    • Kandungan oksigen pada air sekitar 2,5 – 7,0 ppm
    • Kebutuhan akan jumlah debit air tidak terlalu besar, mengingat ukuran cacing sutra sangat kecil

4. Fermentasi Lahan Budidaya Cacing Sutra

Selanjutnya Anda perlu memfermantasi lahan atau media hidup cacing dengan cara merendamnya pada air, hal ini dilakukan antara 4 – 5 hari untuk mendapatkan media hidup yang cocok bagi cacing.

5. Penebaran Bibit Cacing Sutra

Setelah semua hal tersebut siap maka Anda dapat menebarkan bibit cacing pada media yang telah disiapkan, pastikan dan usahakan selama penebaran bibit dan perawatan cacing sutra lahan tersebut sudah dialiri air yang terus mengalir meskipun dengan debit air yang kecil dan lambat.

6. Memberi Pakan Cacing Sutra

Pakan cacing sutra yang dapat Anda gunakan dapat berupa bahan organik seperti dedaunan yang dicampur dengan lumpur atau sedimen yang biasa terdapat pada dasar lahan.

7. Panen Cacing Sutra

Setelah bibit cacing sutra dibudidayakan selama 75 hari maka Anda dapat memanennya, pemanenan juga sebaiknya dilakukan secara bertahap selama 15 hari.

Informasi dan pemesanan produk Cara Budidaya Cacing Sutra, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


free webpage hit counter