Home / Artikel / Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik

Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik

Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik – Selain gandum dan padi sebagai bahan pangan sumber karbohidrat, jagung juga merupakan komoditas penting yang dapat menggantikan keduanya. Jagung ini merupakan tanaman yang termasuk dalam monokotil atau tanaman yang berkeping satu atau tunggal.

Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik

Akar tanaman jagung ini tergolong akar serabut yang dapat tumbuh mencapai mencapai kedalaman 8 m yang pada umumnya hanya sampai 2 m saja. Tanaman jagung yang siap panen akan muncul akar adventif dari buku-buku batang di bagian bawah dimana akar ini berfungsi untuk menjaga atau menyangga tanaman jagung tetap tegak.

Sama seperti sorgum dan tebu, batang tanaman jagung juga mudah dilihat karena tumbuh secara tegak namun tidak sama dengan padi atau gandum. Tanaman jagung ini mempunyai bentuk yang beruas – ruas yang terbungkus daun seperti yang sering kita lihat.

Biji jagung yang sudah dipanen dan siap untuk digunakan memiliki tingkat kadar airnya sendiri dimana dulu petani masih mengira – ngiranya dengan memegangnya langsung. Namun kini dalam menentukan kadar air jagung ini sudah terdapat alat ukur kadar air jagung atau yang disebut dengan moisture meter tipe JV006.

Bila kita akan membudidayakan jagung untuk ditanam maka tahap pertama yang kita lakukan adalah bibit tanaman jagung yang unggul. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang di dapatkan, dengan bibit unggul maka hasil yang diperoleh juga akan maksimal.

Benih jagung hibrida mempunyai banyak macam dan jenisnya dimana dalam satu merek saja dapat mengeluarkan seri produk yang berbeda-beda. Biasanya untuk para pemula maka akan dibuat bingung dalam memilih seri yang akan digunakan sebagai benihnya.

Untuk mendapatkan biji jagung hibrida yang baik kita harus mengumpulkan informasi tentang benih jagung hibrida baik secara online maupun offline dari berbagai sumber. Di toko pertanian atau depot obat-obatan dan benih pertanian biasanya disediakan brosur tentang benih jagung yang unggul dan baik.

Para penjual memang biasa menitipkan brosur produknya pada toko – toko atau tempat tersebut guna dibaca oleh pembeli yang dapat Anda ambil secara cuma – cuma. Namun bila Anda mempunyai akses internet maka kami sarankan untuk mencari informasi melalui mesin pencari seperti google dan semacamnya.

Untuk memilih benih jagung yang baik ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan yaitu :

Pilihlah Jenis Jagung

Untuk dapat memilih jenis jagung yang baik maka Anda perlu melakukan riset atau penelitian tentang tempat atau area yang akan Anda tanami. Hal ini penting untuk mengetahui jenis tanah dan iklim pada daerah tersebut, dengan begitu Anda dapat memilih jenis jagung apa yang tepat untuk ditanam pada daerah tersebut.

Ketahui cara menanam jagung manis (sweet corn)

Jagung manis merupakan varietas klasik jagung yang banyak dikonsumsi sebagai jagung rebus atau bakar atau bahkan untuk makanan kalengan. Jagung jenis ini biasanya berwarna kuning keemasan terang dan memiliki rasa yang manis. Jenis jagung ini adalah jenis jagung yang paling sering dibudidayakan.

Pelajari tentang dent corn (jagung gigi kuda)

Jagung jenis ini adalah jenis jagung yang tidak dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jagung ini lebih banyak digunakan sebagai pakan ternak maupun sebagai makanan olahan. Jagung ini biasanya ditanam petani untuk dijual ke petani lain.

Ketahui jenis flint corn (jagung mutiara)

Flint corn yang dikenal juga sebagai Indian corn (jagung India) mempunyai ciri karakter yang keras dengan warna bijinya yang berbeda-beda. Penggunaannya mirip dengan dent corn namun jagung jenis ini merupakan jagung yang tidak dapat tumbuh diberbagai jenis daratan seperti tidak tumbuh di wilayah Amerika Serikat, namun dapat tumbuh di wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Jagung jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan dekorasi.

Informasi dan pemesanan produk Cara Memilih Biji Jagung Yang Baik, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


free webpage hit counter