Home / Artikel / Faktor Kesuburan Tanah

Faktor Kesuburan Tanah

Faktor Kesuburan Tanah – Tanah merupakan faktor penting sebagai media tanam dalam pertanian maupun perkebunan. Dari tanahlah setiap tanaman mendapatkan sumber makanan dan air, tentu tanah yang baik untuk perkebunan atau pertanian adalah tanah yang subur.

Faktor Kesuburan Tanah

Di Indonesia sendiri tanah yang subur hampir terdapat pada setiap wilayah maupun daerah mulai dari daerah pantai hingga pegunungan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah banyaknya terdapat gunung berapi di Indonesia.

Tanah yang subur akan sangat menunjang kehidupan tanaman karena tanaman mendapatkan berbagai mineral dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan maupun perkembangannya. Lantas sebuah tanah dikatakan subur dapat disebabkan karena beberapa faktor yang mempengaruhinya, apa sajakah faktor tersebut :

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah

1. Oksigen

Oksigen yang terkandung di dalam tanah memegang peranan penting, oksigen di dalam tanah digunakan untuk proses pembakaran fisiologis atau respirasi. Apabila tanah yang Anda gunakan untuk pertanian maupun perkebunan selalu gagal atau tidak hasil yang didapatkan jauh dari harapan bisa jadi karena tanah yang Anda gunakan adalah tanah yang kekurangan kadar oksigen di dalamnya.

2. Air

Sama halnya dengan oksigen, air juga merupakan faktor penting karena air berguna untuk menyuburkan tanah. Kita dapat melihat sendiri bahwa tanah yang terlalu kering tentu tidak baik untuk bercocok tanam karena kurang subur. Oleh tanaman sendiri air digunakan dalam proses fotosintesis. Jadi pastikan tanah yang akan Anda gunakan untuk perkebunan maupun pertanian adalah tanah yang mengandung cukup air.

3. Unsur hara

Faktor lain yang tidak kalah penting juga selain oksigen dan air adalah unsur hara, hal ini karena unsur hara yang terkandung dalam tanah akan sangat berpengaruh pada kesuburan tanah. Bahkan indikator utama suatu tanah dikatakan subur adalah dari kandungan unsur haranya.

Oleh karena itu sebelum suatu lahan akan digunakan untuk pertanian maupun perkebunan dalam skala besar penting untuk mengetahui kandungan unsur hara di dalamnya. Biasanya tanah tersebut akan diuji dengan mengukur tingkat kesuburan tanah menggunakan alat soil pH meter untuk mengujinya.

Apabila pengujian mendapatkan hasil yang baik maka lahan tersebut dapat digunakan untuk pertanian maupun perkebunan. Bila tidak maka tanah harus disuburkan lebih dahulu dengan cara dipupuk, dikapur dsb.

Informasi dan pemesanan produk Faktor Kesuburan Tanah, silahkan hubungi kami melalui yang tertera dibawah ini.


free webpage hit counter