Home / Artikel / Sifat Baja Paduan

Sifat Baja Paduan

Sifat Baja Paduan – Perlakuan pada unsur baja, jika dilakukan penambahan unsur – unsur paduan akan dapat mempertinggi kemampuan pengerasan, stabilitas dalam kerja, kemampuan regang  dan daya tahan terhadap korosi dan panas. Unsur paduan dapat memperlambat transformasi dengan batas kritis selama pemberian panas, maka diperlukan didinginkan pada baja paduan secara lebih lambat dibandingkan baja karbon biasa.

Sifat Baja Paduan

Kemudian untuk mendinginkan baja dapat dilakukan dengan menyiramkan oli atau menyemprotkan udara ke dalam baja, ini merupakan hal penting untuk meningkatkan kemampuan regang pada baja paduan. Walaupun baja karbon dapat dibuat sama kuatnya dengan baja paduan akan tetapi baja karbon tidak akan memiliki kemampuan regang yang sama. Selain itu baja karbon juga tidak memberikan servis yang sama dengan baja paduan yang kekuatannya sama.

Baja paduan mempunyai sifat penting yaitu :

Sifat Baja Paduan

1. Kemampuan dikeraskan

Adanya satu atau lebih elemen – elemen paduan dapat mempertinggi kemampuan baja untuk bisa lebih mudah dikeraskan dan dengan ketebalan yang tinggi atau dalam.

2. Ukuran grain

Grain salah satu hal penting. Baja perkakas yang ideal dihaluskan dengan baik untuk pemanasan yang terlalu tinggi akan mengasarkan struktur baja dan ukuran grain akan semakin besar. Proses ini dapat mengurangi nilai kekerasan sehingga harus selalu dijaga supaya tidak terjadi overheating. terdapat vanadium digunakan untuk menghambat pertumbuhan grain.

3. Stabilitas pada pengerasan

Pada saat tertentu seperti stempel gerakan pada pengerasan dapat Misalnya baja stempel paduan tertentu memiliki sifat stabil pada proses pengerasan  dalam tingkat yang tinggi.

4. Daya tahan terhadap aus

Terjadinya kekerasan akan mempertinggi daya tahan terhadap aus, dimana bila tungsten dan krom khrom yang dipadukan ke baja akan membuat baja memiliki daya tahan yang baik terhadap keausan.

5. Kekuatan

Sifat ini penting untuk baja karbon, akan tetapi penggunaannya pada kasus tertentu misalnya  stempel uang logam, baja yang digunakan harus tahan terhadap hentakan. dan juga semua alat pemotong harus cukup kuat untuk dipakai memotong. Tingkat kekuatan yang diperlukan dicapai dengan proses tempa. Beberapa alat dari baja paduan dan baja stempel yang bisa dikeraskan dan ditempa biasanya lebih kuat dari pada baja karbon biasa. Tingkat kekuatan baja ini dapat kita ukur menggunakan hardness tester.

6. Daya tahan terhadap korosi

Kandungan khrom lebih dari 11,5 % di dalam baja akan membuat baja memiliki sifat tahan karat. Hal ini disebabkan karena selaput kenyal oksida khrom yang ada di permukaan baja. Namun jika selaputnya putus selaput tersebut akan terbentuk kembali. Jika dilakukan penggabungan khrom dengan nikel, hasilnya akan membentuk baja yang sangat tahan terhadap korosi dan pengaruh panas.

7. Daya tahan terhadap penghalusan pada penempaan

Penghalusan ini diperlukan pada baja perkakas berkecepatan  tinggi dan baja stempel untuk pekerjaan panas, sedangkan molybdenum dan tungsten akan memberikan sifat ini pada baja jenis ini.

free webpage hit counter