Home / Artikel / Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik

Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik

Beton merupakan salah satu faktor penentu utama agar bangunan yang di dirikan dapat berdiri dengan kokoh dan kuat, inilah syarat bahan beton yang berkualitas baik. Untuk mengetahui kulitas kekerasan beton anda bisa menggunakan alat uji kekerasan beton digital dari Novotest.

Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik

Agar dapat mendirikan bangunan yang kokoh tentu harus  ditopang dengan beton yang kuat dan kokoh dengan mutu kualitas yang baik. Dimulai dari semen, kerikil dan pasir pencampur serta air sebagai pencampur dari bahan-bahan tersebut.

Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik

Semen Potland Berkualitas

Semen Potland Berkualitas

Semen yang digunakan dalam bahan beton adalah semen jenis potland karena semen jenis ini merupakan bahan pengikat yang berfungsi untuk mengikat agregat halus dan agregat kasar dengan air dalam suatu adukan. Semen Potland yang berkualitas harus memenuhi syarat berikut :

Semen tidak kadaluwarsa, semen pun seperti makanan instant dapat juga kedaluarsa. Semen yang kedaluarsa dapat diperiksa dengan cara dipegang oleh tangan, bila masih hangat, maka semen belum kadaluwarsa.

Semen belum mulai menggumpal. Semen yang sudah ditimbun terlalu lama maka akan menjadi bergumpal, semen yang baik adalah semen yang ditimbun tidak lebih dari 1bulan dengan sistem penyimpanan menggunakan alas dan tidak boleh lebih dari 10 tumpukan semen.

Semen masih bereaksi, semen yang baik yaitu semen yang belum mulai menggumpal dan apabila digenggam dengan tangan maka akan jatuh berhamburan.

Kerikil dan Pasir Beton (Agregat)

Kerikil dan Pasir Beton (Agregat)

Umumnya orang menggunakan kerikil sebagai bahan pencampur (Agregat). Sifat yang paling penting dari suatu agregat adalah kekuatan hancur dan ketahanan terhadap benturan. Dua hal ini dapat mempengaruhi ikatan dengan pasta semen, porositas, serta keretakan beton.

Syarat-syarat dari agregat yang digunakan adalah :

  • Material Agregat harus keras dan tidak mudah hancur, bila dipegang oleh tangan hal ini berkaitan erat dengan kekuatan pada beton nantinya.
  • Material Agregat tidak mengandung garam, karena garam dapat menyebabkan pemekaran beton karena “bunga-bungan kristal” ( eflorescences ) dari garam, serta mengakibatkan korosi pada tulangan di dalamnya.
  • Material Agregat tidak mengandung mineral logam, terutama besi ( Fe ).
  • Tidak mengandung biji-bijian yang mudah tumbuh. Bijian yang tumbuh ini nantinya akan menggangu pada beton
  • Pada material Agregat kadar lumpur, tanah liat dan debu dalam agregat maksimal adalah 2 %.

Kadar lumpur tanah liat dan debu dalam material agregat maksimal 2 % . untuk menguji kadar lumpur pada agregat bisa di uji dengan menggunakan cara sederhana ini

  • Mencampur air dan agregat, kemudian didiamkan selama ½ jam, maka akan tebentuk lapisan pasir dan lumpur. Dengan perbandingan tinggi maka didapat kadar lumpur agregat
  • Memasukkan agregat yang ada dalam genggaman tangan ke dalam air, apabila banyak yang lengket, maka agregat mengandung lumpur.
  • Menjepit agregat, terutama pasir dengan jari, apabila ternyata lumpur, maka butiran tersebut akan pecah

Air dengan Kualitas Baik

Air disini merupakan bahan yang penting karena untuk mencampur semen dengan agregat dibutuhkan air dengan kualitas yang baik karena kualitas air akan mempengaruhi pengerasan dan keawetan dari beton.

Syarat air yang berkualitas untuk pembuatan beton :
– Air tidak mengandung bahan organik, misalnya sisa tumbuhan.
– Air tidak boleh mengandung bahan kimia, misalnya besi, sulfat dan klorida, karena zat-zat kimia ini dapat merusak mutu beton.
– Air tidak mengandung minyak, karena minyak akan menghambat hidrasi yang diperlukan oleh beton untuk ikatan awal.
– Tidak mengandung garam.

Nah itulah Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, Untuk mengetahui tingkat kekeringan pada bahan atau benda padat seperti beton, tembok / dinding anda bisa menggunakan Alat Pengukur Kadar Air Beton & Bahan Bangunan MCT-2

Apabila beton sudah jadi untuk menguji kekerasannya silahkan gunakan Alat Uji Kekerasan Beton NOVOTEST IPSM-U  alat ini dapat menguji kekerasan pada beton dan material bangunan lainnya.

About admin

Hidup Hanya 2 Kali, Di Dunia dan Di Akhirat. Lakukan Apa Yang Ingin Kamu Lakukan Dan Jangan Lakukan Apa Yang Tidak Ingin Kamu Lakukan.Jika Kamu Menjadi Dia Maka Siapa Yang Menjadi Kamu ??
free webpage hit counter